DENPASAR – Kantor Wilayah Kementerian Hukum (Kanwil Kemenkum) Bali menerima kunjungan Tim Penilai Nasional (TPN) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) dalam agenda Desk Wawancara dan Verifikasi Lapangan pada Rabu, (27/8). Kunjungan ini merupakan tahapan penting dalam penilaian pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Seluruh jajaran Kanwil Kemenkumham Bali menyambut kedatangan TPN dengan penuh semangat, menunjukkan komitmen kuat untuk mewujudkan birokrasi yang bersih, akuntabel, dan berorientasi pada pelayanan prima.
Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkum Bali, Eem Nuramanah, didampingi para Pimpinan Tinggi Pratama dan seluruh Tim Kelompok Kerja (Pokja) ZI menuju WBBM menyambut langsung kedatangan Tim Penilai. Kegiatan diawali dengan TPN meninjau langsung Ruang Layanan Terpadu Kanwil Kemenkum Bali. Kakanwil Eem Nuramanah secara komprehensif menjelaskan beragam layanan yang tersedia, mulai dari Pelayanan Administrasi Hukum Umum, Layanan Kekayaan Intelektual, Imigrasi, Pemasyarakatan, hingga Layanan HAM, yang semuanya dirancang untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat.
Dalam sesi pemaparan, Kakanwil Eem Nuramanah menyoroti berbagai inovasi dan capaian yang telah berhasil diimplementasikan. Beliau secara khusus memaparkan aplikasi APELAN, sebuah inovasi yang mempermudah notaris dalam pencatatan dan pelaporan secara elektronik. Selain itu, inovasi Pos Pelayanan Hukum dan HAM Desa (Posyankumhamdes) juga menjadi perhatian utama. Inovasi ini bahkan telah direplikasi secara nasional oleh Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) menjadi Pos Bantuan Hukum (Posbankum) dan kini diterapkan di seluruh Kanwil Kemenkum se-Indonesia.
Tim Penilai Nasional KemenPANRB menyatakan apresiasinya yang tinggi terhadap semangat dan komitmen seluruh jajaran Kanwil Kemenkum Bali. "Kami sangat mengapresiasi semangat luar biasa yang ditunjukkan oleh jajaran Kanwil Kemenkum Bali dalam pembangunan Zona Integritas. Komitmen ini terlihat jelas dari inovasi yang dihasilkan dan upaya pembenahan yang telah dilakukan," ujar salah satu anggota TPN dalam sesi diskusi.
Kakanwil Eem Nuramanah menegaskan kembali komitmen jajarannya. "Meraih predikat WBBM bukanlah tujuan akhir, melainkan awal dari komitmen kami untuk terus melakukan perbaikan. Dengan kerja keras dan integritas, serta keberlanjutan inovasi, kami berharap tidak hanya sekadar meraih WBBM, tetapi juga terus maju untuk kemajuan instansi dan mengedepankan pelayanan publik," tuturnya.
Kakanwil Eem Nuramanah menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh tim kerja atas dedikasi mereka. Ia berharap bahwa hasil evaluasi ini akan membawa Kanwil Kemenkum Bali selangkah lebih dekat untuk meraih predikat WBBM. Keberhasilan ini tidak lepas dari sinergi dan kolaborasi yang kuat di antara seluruh pegawai, memastikan setiap aspek pelayanan dan tata kelola pemerintahan berjalan secara optimal demi mewujudkan birokrasi yang bersih dan melayani.